11 December 2012

Bukan Review. Hanya Catatan Soal #INDONESIA:

Gila masih kebayang iniii keseruan Sabtu (8/12/12) kemarin di #INDONESIA: (baca : Indonesia titik dua). Dari jam 3sore sampe jam 10 malem. Pandji emang  gokiiiilll energinya ga habis-habis. Bayangin aja jam 3 konser hiphop dan malamnya selama 1 jam 45 menit stand up dihadapan 800 orang!! dan tetap FULL ENERGY. 

Di konsernya pandji bawain lagu-lagu dari album pertama sampai yang terbaru, di album keempat #32. Mulai dari lagu Atas Nama Kebenaran, You Think You Know feat Gamila Arief, Mulanya Biasa Saja feat Angga Puradiredja yang ada di album pertama, Baby Plum dialbum ke dua, Menoleh, LXIX dari album ketiga, Lagu Putus feat Ryan Valentinus yg intronya aja udah keren banget, Ode Untuk ayah yg bikin saya berkaca-kaca, Menolak lupa sambil angkat gelas untuk munir, yang bikin saya terharu.


 Belum lagi kehadiran Tompi yang battle dengan Pandji bikin semua yg nonton ketawa - dan lagi-lagi kalo battle, saya akuin tompi pemenangnya. 
Crowd Konser Hiphop
Picture taken by @handriya


Battle Pandji dan Tompi
Picture taken by @rizky_lazuardi1

Lihat deh usahanya Pandji untuk bisa nyamain Tompi, asli ini kocak abiiiisss :)))
Picture taken by @rizky_lazuardi1
Selain Tompi, kehadiran Glen Fredly yang juga jadi guest star menyanyikan lagu INDONESIA PUSAKA bener-bener bikin merinding.

Merindiiiing asli denger Glen Nyanyi Indonesia Pusaka
Picture taken by @rizky_lazuardi1
 Tapi yg paling fenomenal adalah ketika Pandji ngebawa penyanyi legendaris ke stage. Siapa dia? Oke saya kasih clue ya :   

1. Penyanyi ini tetep ganteng walau usia nya udah ga muda.

2. Lebih tepatnya sih doi rocker di jamannya

3. Sekarang lebih terkenal dengan iklan yg dibintanginya "heyyy guyyyyysssss"

Gimana udah bisa nebak siapa dia?

Yaaaapp dia adalah IKANG FAUZI. Legend gilaaaaa. Sekitar 400 orang yang nonton konser hip hop sore itu diajak jejingkrakan sambil nyanyi "boy boy boy si boooooooy". Astaga om ikang, energynya beli dimana sih, heiiits banget lho stamina doi. 




Dari semua lagu yang dibawain di konser hiphop Pandji kemaren, yang paling memorable buat saya adalah saat duet dengan Ikang fauzi, plus saat lagu menoleh ,karena semuanya ngepalin tangan ke atas sambil sing along "bentuk kepalan angkat tinggi diatas kepala, jadikan kepalan sebagai pesan bahwa kita masih dengarkan teriakan para pahlawan, menoleh kebelakang, lihat yang ditinggalkan, pelajaran tak harus dalam halaman, buka wawasan. Eeee yooooo" 


Picture taken by @LadyGAN

Asli ini saya merinding di lagu ini, apalagi bisa sing along bersama 400 orang lainnya. Mungkin bagi musisi yang berada di major label, angka 400, adalah angka yg sedikit, tapi buat Pandji yang sejatinya adalah musisi indie dengan mengusung genre hiphop yg kental semangat kebangsaan, maka mengumpulkan 400 orang ini, butuh waktu. Mulai dari twivate concert yang hanya berkapasitas 100 orang ditahun 2010 (untuk twivate concert akan saya tulis di lain waktu) hingga akhirnya konser hiphop dengan 400 orang yang loyal terhadap karya-karyanya Pandji.

Konser dua jam ini juga banyak kejutan, salah satunya adalah tampilnya rapper kulit setengah putih ENINEM. Serius namanya ENINEM dan saya lagi gak typo. Kabarnya sih dia datang langsung dari Amerika. Coba perhatikan foto ini baik-baik :


ENINEM
Picture taken by @rizky_lazuardi1

Gimana? Percaya gak kalau dia datang langsung dari Amerika? Gak ya? Ya iyalah wong itu si GE PAMUNGKAS, juara satunya stand up comedy kompas tv. Kejutan banget kan liat Ge nge rap. You RAWKKKK GE!!!! YOU RAWKK!!!! Saya sampai nganga ngeliatnya. Enggak ding, ga sampe nganga juga, tapi terpana iya dan terlena #marinyanyilaguTERLENA "terlenaaa~~ oooo, kuterlena~~" lha kenapa jadi nyanyi lagunya mba Ike Nurjannah. Maklum saya aliran Syaiful Jamil, dikit-dikit dinyanyiin. Okeeh abaikan, abaikan!!! Fokus lagi ke konser hiphopnya Pandji. Oh ya, sama halnya dengan yang sering Pandji lakukan di akun twitternya, yaitu "main jebakan umur", maka kemarin hal itu pun terjadi.  saat pandji bilang bahwa lagu berikutnya yang akan dia nyanyikan  intro nya mirip lagu dari Dewa 19, "Coba dengarkanlah sumpahku (janji suci). Dari hati~~aku cintaaa kamuuu,"  daaan semuanya pun sing along ngelajutin liriknya "Jangan dengar kata merekaaa, yang tak ingin kita satuuuu~~ yakinkan aku milikmuuuu, aku milikmuuuuuu" selesai sing along, Pandji berujar ke kami "tua kalian semua!!!" dan disambut gelak tawa. Yang bikin ngakak juga pas Pandji nanya ke salah satu penonton yang mukanya cengok pas kami semua lagi sing along nyanyi lagunya Dewa 19 "Tau Dewa 19 ga? Dewa kaliii. Bukan ini Dewa 19. Jadi dulu Dewa kalau manggung rame ada 19 orang. Sebelum ada jkt 48, dewa udah 19 orang." taeeeekkk ini saya ngakak sejadi-jadinya.

#JEBAKANUMUR lainnya juga terjadi saat Pandji dan Angga nyanyiin lagu Prince - THE MOST BEAUTIFUL GIRL IN THE WORLD "could you be the most beautiful girl in the world. Its plain to see you're the reason that God made a girl. . ."
Hayooo Pandji lagi ngeliat ke arah mana? ;p

Daaan setelah semua keriaan itu dan setelah hampir dua jam dijejali dengan penampilan yang bikin merinding, tertawa, hingga haru, sampai membuat mata berkaca-kaca, maka konser sore itu harus diakhiri dengan indah, dengan sebuah lagu yang bikin semua nya JOGED tanpa malu-malu : LAGU MELAYU 
"Jalan-jalan kepasar ketemu mbak ayu, duduk bersamanya dan minum-minum jamu. Jangan pernah malu punya darah melayu, karena itu kebanggaan milik bangsamu" Pecaaaaahhhhh!!!!! Pandji berhasil membawa #twivateconcert dengan masa yang lebih besaaaar.
Di akhir konser Pandji memberi salam hormat ke semua penonton yang hadir, 400 orang penikmat karyanya.
Picture taken by @rizky_lazuardi1


Picture taken by @rizky_lazuardi1

Picture taken by @Rizky_lazuardi1

Selesai konser hiphop, sebelum nyerbu booth makanan dan minuman, foto dulu sama sesama WONGSOYUDAN
WE ARE WONGSOYUDAN
(ki-ka) : Anna, Gue, Giyna

Abis foto-foto, tujuan berikutnya adalah ngantri di boothnya hollycow steak. Setelah itu sempet ikutan tour museum sebentar. Tapi asli yang ini kurang saya nikmatin. Bukan, bukan karena membosankan, sama sekali enggak. Malah sebenernya saya excited banget. Tapiiii karena saya masih harus ngurus tiga tiket lainnya, punya teman yang akan nonton standup, maka jam 7 kurang saya sama mba anna (@rain_sa) sudah harus ngantri untuk nukerin tiket dengan gelang sebagai tanda masuk.


Dan yang ngantri pun udah panjang banget. Kelar ngurus tiket, gak lama kemudian penonton udah boleh masuk.ke area stand up, sesuai dengan warna gelang yang dipake. Hitam di depan (karena belinya tiket yang pre-sale), sementara putih di bagian belakang. Beruntung saya memakai gelang berwarna hitam, jadi bisa milih kursi yang bagian depan. Seperti yang selalu terjadi di shownya Pandji, baik hiphop maupun standup comedy acara selalu berlangsung on time. Makanya buat yang baru pertama kali nonton shownya pandji, beneran deh  jangan pernah telat.

Sebagai opener malam itu ada Adriano Qalbi. Materinya udah pasti cerdas,walau beberapa sudah pernah saya dengar, tapi tetap aja lucu. Walau menurut saya respon penonton ga sepecah saat show standupnya di We Are Not Alright, mungkin karena faktor yang bagian belakang agak kurang kedengeran kali ya- setahu saya sih begitu, memang ada kendala di belakang, sebelum akhirnya ada penambahan speaker. Setelah Adriano Qalbi tampil, maka the one and only yang ditunggu-tunggu malam itu tampil : PANDJI PRAGIWAKSONO!!

Berbeda dengan saat konser hiphop, pas show stand up ini Pandji tampil dengan jas hitam. Asli kereen banget. Bit demi bit dilempar dengan baik, hasilnya sudah pasti 800 orang tertawa. Materi Pandji pun seger banget. Kayanya sih 95% materi baru.  Cara penyampaian materinya juga enak banget, asli. Selama saya nonton pandji standup, kayanya kemarin adalah penampilannya yang terbaik. Bener-bener kaya orang lagi cerita aja gitu. Seinget saya kemarin standup dibuka dengan materi Pandji menertawakana diri sendiri, bahwa banyak yang sampai sekarang tahunya cuma Pandji yang  KENA DEH - bahkan ada yang salah dengan menyebut kena lu :))). Masih soal menertawakan diri sendiri, materi yang memorable buat saya kemarin adalah pas Pandji cerita pengalamannya mengunjungi kota-kota di Indonesia selama tour Meredeka dalam bercanda. Setiap makan di rumah makan yang memajang foto artis di dindingnya, Pandji gak pernah di ajak foto bareng padahal  kan pandji artis juga :)) bahkan keartisannya kalah sama seorang cowo berparas rada bule, saya lupa pandji menyebutkan nama siapa, yang pasti nama ini saya gak pernah denger :))) dan tuh cowok fotonya di pajang di dinding, lagi foto sama yang punya rumah makan. Taeeeekkkk ini kocak.

Bukan Pandji namanya kalau materinya ga cerdas, yang bikin ketawa sambil mikir. Seperti bitnya soal FPI "FPI itu ga usah dibubarin, biar ngasih contoh kalau gak punya pendidikan yang jadinya kaya gitu," (kurang lebihnya ky gitu). Hahaha. Bener juga.
Bit soal raditya dika juga bikin ngakak, "coba lo unfollow raditya dika, pasti IQ lo naik beberapa tingkat," huehehehehe.
Bit soal sinetron dan baim kecil bikin saya sampai sekarang kalau inget suka ketawa sendiri. Meratiin gak sih kalo isi sinetron itu urutannya: dianiaya, nangis, sholat. Jadi ni kalo pas nonton sinetron, adeganya dia lagi nangis, berarti abis itu bakalan sholat :))) bahkan anak sekecil baim aja yang bisa belum fasih ngomong L, berdoanya "Ya owoh tolong baim ya owoh," Tar Allah nya bingung, ya owoh itu sapeeee?? Tuhan aja gak ngenalin Ya owoh itu sape. Hahahah kalo nonton langsung dan liat ekspresi Pandji bawain bit yang ini dijamin pasti ngakak.
Apalagi ya? #mikir
oooo soal bahasa inggris yang penting pede. Mulai dari penyanyi kafe yang pronounciation-nya ngaco pas nyanyi lagu bahasa inggris, terus mba-mba di restoran yang sok pake bahasa inggris pas ngobrol ama temannya, cuma untuk nentuin mau makan di dalam apa diluar dengan kalimat "makannya mau di inside atau di outside?" terus bilang permisi ke Pandji dengan kalimat EKUSMI. Ya ekusmi. Bukan excuse me :)) dan pas ditanggepin Pandji dengan pake bahasa inggris beneran. Mbanya cm bisa bilang aidetnaw. Ngeheeeeek.

Banyak banget deh bit nya yang saya masih inget, termasuk soal dipo (anak pertama pandji) yang kelakuannya random, dan soal mba mila (istri nya pandji) yang kaya anggota BIN (badan intelegen negara), plus bit-bit yang cuma boleh di dengar kalau umur kamu 17+.
Oh ya satu lagi menurut saya Pandji keren banget kalau lagi riffing. Abis deh tuh yang di riffing, cewe ama cowok yang sahabatan dan dateng dua-duaan ke acaranya pandji. Aseliiiik pas pandji nge riffing mereka sampe sakit perut saya  ketawa. Jam 22.00 bit terakhir soal pengalaman ia di china dilempar dan sukses membuat tawa kembali pecah. Setelah itu ia mengakhiri pertunjukan standup dengan membungkuk memberi hormat dan disambut standing ovation dari kami semua.
Total pertunjukan stand up adalah satu jam empat puluh lima menit, dan saya PUASSSSS KETAWA. Seratus dua puluh ribu yang saya keluarkan untuk nonton konser hiphop dan stand up yang semuanya terangkum dalam #INDONESIA: bener-bener worth it. Saya gak pernah menyesal untuk mengeluarkan uang untuk sebuah karya yang memang patut di apresiasi. Dan Pandji selalu berhasil membuat saya kagum. PROUD OF YOU, DAN TERUSLAH BERKARYA!!!

Muka-muka puas abis nonton Stand Up
(ki-ka) : Arin, Grin (Temen baru), Anna, Gue

Foto dulu di depan Museum Nasional
(ki-ka) : Grin, Arin, Gue

Menanti 2013












3 comments:

hendrik said...

Nice post Des! Ingetan nya dashyat banget, hehehe..bener, @pandji memang pantas banget jadi idola banyak orang. Smoga masih dikasih ijin untuk nikmatin karyanya di tahun depan yak!

Indira said...

Thank you...
Siap untuk 2013 ni, hehe...

Anonymous said...

Maaf kak, gelang yang di foto itu kakak jual gak? Soalnya aku minat banget kak. Makasih kak :)

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net